AKTIF.........KREATIF.....INOVATIF

Selasa, 01 Juni 2010

SIAPA BILANG FISIKA BERAT?


Perpaduan antara kontekstual dan lifeskill akan terbentuk proses pembelajaran yang kreatif dan efektif. Pembelajaran yang kontekstual akan mendekatkan peserta didik dengan lingkungannya, sedangkan lifeskill mendekatkan peserta didik pada kecakapan yang meliputi personal skill, social skill, academic skill, dan vocational skill. Apabila guru ........

dapat memberdayakan lingkungan sebagai media pembelajaran , akan memberikan kesan bahwa pembelajaran bukan sesuatu yang mahal, sulit, dan memberatkan. FISIKA memberikan contoh pendekatan lingkungan dalam proses pembelajaran yang efektif, kreatif dan terjangkau…..

TEGANGAN PERMUKAAN.
  1. Isi bak dengan air. Letakkan benang berbentuk oval di atas permukaan air. Masukkan sedikit sabun cair pada daerah oval itu, maka bentuk oval benang akan berubah menjadi lingkaran. Why it’s happen?
  2. Jatuhkan potongan benang di atas air, maka benang akan terapung. Mengapa? Jatuhkan pula potongan benang di atas campuran air dengan sabun, maka potongan benang akan tenggelam. Mengapa pula ini terjadi?
TUMBUKAN
Letakkan bola bekel (bola karet kecil)diatas bola kasti. Jika kedua bola dilepaskan dan jatuh, maka bola yang kecil (bola bekel) akan terpantul tinggi. Cobalah dan temukan jawabannya.

PRESSURE
  1. Put two ice blocks on the table. Glue the two blocks of ice and hit both of them until melted. Then disconnect and wait a few minutes. It turns out the two blocks of ice attached to strong, why?
  2. Masukkan air mendidih ke dalam toples hingga penuh. Setelah beberapa menit tuangkan air, dan dekatkat mulut toples dengan mulut balon. Pegang erat-erat mulut balon. Setelah beberapa menit balon akan tertarik kedalam toples dan menggelembung.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Pak mau tanya? Cara mengetes kecepatan cahaya pake apa?

Trus, apa benar 1 gram Uranium jika massa nya d jadikan Energi dgn menggunakan rumus E=mc kuadrat dpt menghancurkan 1 kota?