AKTIF.........KREATIF.....INOVATIF

Senin, 15 September 2008

PENGEMBANGAN LIFE SKILL SISWA

Salah satu masalah pendidikan yang dihadapi saat ini adalah banyaknya siswa SMP yang tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Para lulusan SMP yang tidak ........

dapat melanjutkan pendidikan secara kronologis masih berusia remaja. Diprediksikan, mereka akan memasuki dunia kerja dan/atau termasuk kelompok usia non produktif alias pengangguran. Penyebab utama mereka adalah belum memiliki bekal kompetensi untuk memasuki dunia kerja.
Dalam mengatasi hal tersebut diatas sekolah hendaknya melaksanakan kebijakan berupa program pengembangan kecakapan hidup. Melalui program ini peserta didik diharapkan memiliki kemampuan mengenal dan menguasai berbagai jenis ketrampilan dasar, memiliki wawasan, presepsi dan apresiasi yang positif terhadap kehidupan sehari-hari; etos kerja yang produktif, berkembang di kemudian hari sehingga individu dapat menentukan ketrampilan yang relevan.
Pendidikan kecakapan hidup ini diaplikasikan melalui dua cara, yaitu diintegrasikan ke dalam kurikulum dan melalui penambahan mata pelajaran atau bentuk kegiatan lainnya yang berorientasi pada pengembangan kecakapan vokasional.
Terintegrasikannya dalam kurikulum berarti program ini diselenggarakan melalui pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran, dan ditujukan untuk semua peserta didik pada umumnya.
Secara khusus program kecakapan hidup dilaksanakan melalui penambahan pelajaran atau bentuk kegiatan lainnya untuk memperoleh kecakapan vokasional untuk membantu peserta didik yang diprediksi tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yang dikarenakan ketidak mampuan baik secara ekonomi maupun akademik.
Program pendidikan kecakapan hidup ini disesuaikan dengan kekhasan daerah agar mampu menarik minat masyarakat untuk menyekolahkan anak mereka.
Beberapa contoh pendidikan kecakapan hidup:
a. Tata Busana
b. Tata Boga
c. Tata Rias
d. Kerajinan anyaman.
e. Pertukangan
f. Pertanian.
g. Sablon dan percetakan, dan lain-lain.
Berbekal ketrampilan inilah, siswa yang tidak mampu melanjutkan pendidikannya, tetap dapat menghadapi masa depan dengan lebih baik. Dapat mencari bahkan menciptakan lapangan pekerjaan, terutama untuk dirinya sendiri. Bagi sekolahpun ada kebanggaan tersendiri, sekiranya mampu mengantarkan siswanya ke arah kehidupan yang lebih baik, setidaknya mampu menekan angka pengangguran.

Tidak ada komentar: